PEGAGAN


Pegagan rasanya manis, bersifat mendinginkan, memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi, dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).

Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki, mencegah varies dan salah urat, meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh, menurunkan gejala stres dan depresi. Pegagan, menurut penelitian di RSU Dr. Soetomo, Surabaya, dapat dipakai untuk menurunkan tekanan darah, penurunan tidak drastis, jadi cocok untuk penderita usia lanjut.

FARMAKOLOGI KLINIK

  • Penggunaan krim yang mengandung 1% ekstrak Centella asiatica selama 3 minggu pada 22 pasien dengan infeksi kulit yang kronis, 17 pasien dapat sembuh total dan 5 pasien lainnya mengalami pengurangan besarnya luka.
  • Dilaporkan bahwa pengobatan secara oral berupa kapsul berisi Centella asiatica atau asiatikosida dan potasium klorida efektif dalam upaya terapi dapson pada penderita lepra.