15 Manfaat Keladi Tikus / Yam Liar


Manfaat keladi tikus belum banyak diketahui oleh banyak orang, sebab keladi tikus tidak bisa dijumpai di sembarang tempat. Keladi tikus merupakan tanaman umbi yang disebut juga dengan Typhonium flagelliforme Rat. Tanaman keladi tikus termasuk dalam keluarga Araceae. Setiap daerah menyebut tanaman keladi tikus dengan sebutan yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya dengan tumbuhan merata, daun panta susu, kalamayong, ileus, trenggiling mentik, dan masih banyak lagi lainnya. Nama yang terdengar sepele, ternyata memiliki manfaat dan kandungan yang luar biasa.

Keladi tikus memiliki banyak manfaat terutama untuk penyembuhan kanker dan juga berbagai penyakit lainnya. Keladi tikus memiliki banyak zat di dalam umbi dan juga daunnya. Namun, umbi keladi tikus lebih banyak dimanfaatkan sebagai obat penyembuhan kanker dibandingkan dengan daunnya. Rasa daunnya begitu pahit, tetapi khasiatnya sangat ampuh. Keladi tikus juga termasuk dalam tanaman beracun. Diperlukan penanganan khusus sebelum bisa dikonsumsi. Manfaat keladi tikus untuk kanker adalah sebagai berikut:

1. YAM LIAR / KELADI TIKUS MENGHAMBAT DAN MENYEMBUHKAN SEL KANKER

Manfaat keladi tikus yang pertama adalah untuk penyakit kanker. Pertumbuhan sel kanker bisa disembuhkan dengan umbi dan daun keladi tikus. Untuk bisa mengobati dan mencegah penyebaran sel kanker, keladi tikus akan menggunakan zat yang terkandung didalamnya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Zat dalam Keladi Tikus yang Bermanfaat untuk Penyembuhan Kanker

  • Ribosome inacting protein atau RIP. Zat ini bermanfat dalam mencegah penyebaran sel kanker. Tidak hanya menghambat dan mencegah, zat yang dikenal juga dengan ribosome inactivating protein juga memiliki kemampuan dalam menghancurkan sel-sel kanker di dalam tubuh tanpa harus merusak sel-sel normal di dalam tubuh.
  • Antioksidan tinggi juga bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Antioksidan yang dihasilkan adalah antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan gen pada penderita kanker.
  • Zat kurkumin merupakan senyawa antiinflamasi atau zat anti peradangan. Dalam penyembuhan kanker, zat ini bermanfaat untuk mengaktifkan mediator atau perantara. Mediator itu bisa merangsang penguatan sel dalam sistem imunitas sehingga mereka bersama-sama bisa melawan kanker.

Kanker yang Bisa Disembuhkan dengan Tanaman Keladi Tikus

Tidak semua kanker cocok diobati menggunakan keladi tikus. Jenis kanker yang cocok diobati menggunakan keladi tikus adalah sebagai berikut.

  1.  Kanker serviks
  2.  Kanker usus besar.
  3.  Kanker paru-paru.
  4.  Kanker pankreas.
  5.  Kanker rektum.
  6.  Kanker otak.
  7.  Kanker liver.
  8.  Kanker tulang.
  9.  Kanker Tenggorokan.
  10.  Kanker limpa.
  11.  Kanker limpa.
  12.  Kanker darah atau leukimia.
  13.  Kanker ginjal.
  14.  Kanker empedu.

2. YAM LIAR / KELADI TIKUS BERMANFAAT DALAM DETOKSIFIKASI

Tubuh sebenarnya bisa secara alami membuang racun di dalam tubuh terutama di dalam usus. Namun, jika di dalam terdapat kerusakan sel, proses detoksifikasi bisa terganggu. Di dalam tubuh kita terdapat banyak racun yang mengendap. RAcun tersebut berasal dari makanan dan minuman yang tidak dapat diuraikan oleh tubuh. Terlebih lagi saat ini limbah dan zat kimia bertebaran di mana-mana, misalnya polusi udara dan juga pola makan tidak baik.

Zat dalam keladi Tikus yang Bermanfaat untuk Detoksifikasi

Zat di dalam keladi tikus berikut ini bermanfaat untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh:

  • Ekstra typhonium flagelliforme diyakini mampu membantu tubuh melakukan detoksifikasi.
  • Zat alami fraksi etil asetat juga akan membantu dalam proses detoksifikasi di dalam tubuh manusia.

3. YAM LIAR / KELADI TIKUS MENGOBATI KANKER PAYUDARA

Kanker payudara merupakan kanker ganas yang bisa membunuh siapa saja. Posisinya menduduki peringkat nomor dua kanker mematikan di Indonesia setelah kanker serviks. Keladi tikus bisa digunakan untuk herbal penyembuhan kanker payudara.

Zat dalam Keladi Tikus yang Bermanfaat untuk Pengobatan Kanker Payudara

  • Di dalam umbi keladi tikus terdapat ekstra etanol sebanyak lima puluh persen. Etanol tersebut bermanfaat untuk mencegah penyebaran sel kanker di payudara.
  • Ekstra typhonium flagelliforme selain bermanfaat dalam detoksifikasi juga bermanfaat untuk mencegah penyebaran sel kanker.

4. KELADI  TIKUS BERMANFAAT UNTUK MENANGKAL RADIKAL BEBAS

Sekarang ini radikal bebas ada dimana-mana. Radikal bebas tidak boleh diremehkan begitu saja sebab dari radikal bebas bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Radikal bebas berasal dari polusi udara yang tersebar di sekitar kita. Polutan yang dihasilkan pun memiliki bahan kimia yang berbahaya. Jika terserap melalui hidung, polutan tersebut bisa menyebar ke jantung, paru-paru, dan organ vital lainnya. Dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari umbi dan daun keladi tikus, tubuh bisa melindungi dirinya dari radikal bebas disekitarnya.

Zat dalam Keladi Tikus untuk Menangkal Radikal Bebas

  • Keladi tikus memiliki zat bioaktif yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas.
  • Antioksidan di dalam keladi tikus juga bermanfaat dalam menangkal berbagai radikal bebas di sekitar kita.

5. KELADI TIKUS MENETRALISIR RACUN NARKOBA

Khasiat keladi tikus dalam menetralisir racun narkoba mungkin masih belum banyak diketahui. Racun akibat narkoba sangat fatal jika mengendap di dalam tubuh. Untuk menetralisir racun akibat narkoba diperlukan detoksifikasi berupa pengeluaran racun dari jaringan tubuh. Dengan kandungan zat typhonium flagelliforme dan juga zat alami fraksi etil asetat bisa mengeluarkan racun yang diakibatkan oleh narkoba. Racun itu bisa dikeluarkan melalui keringat, urin, dan juga feses.

6. MENGOBATI BISUL YANG MEMBENGKAK

Bisul berupa cairan berisi nanah yang sangat menganggu penampilan dan juga menimbulkan rasa nyeri. Jika ada di pantat dan juga paha, penderita akan kesulitan untuk duduk. Bisul berisi kuman, bakteri, dan juga virus. Bisul perlu segera diobati atau dikempeskan agar tidak mengganggu aktivitas penderitanya. Tanaman keladi tikus mampu mengobati bisul dengan cepat. Menggunakan tumbukan umbi dan daun keladi tikus yang telah halus, kemudian ditempelkan secara teratur di bisul. Bisul pun akan segera kempes dan hilang.

Zat dalam Keladi Tikus yang Bermanfaat untuk Mengobati Bisul

  • Zat hepatoprotektor bermanfaat dalam mengatasi bengkak dan juga mengatasi nanah di dalam bisul tersebut.
  • Immunomodulator bermanfaat dalam mengatasi rasa nyeri yang dihasilkan oleh bisul.

7. KELADI TIKUS SEBAGAI ANTI BAKTERI

Keladi tikus juga bermanfaat dalam mengatasi bakteri yang menyerang di dalam tubuh. Sifatnya yang sebagai antibiotik bermanfaat dalam menangkal flu, batuk dan masih banyak lagi lainnya.

Zat dalam Keladi Tikus yang Bermanfaat untuk Antiobiotik

  • Asam laurat bermanfaat untuk menghalau bakteri yang ingin masuk ke dalam tubuh.
  • Asam kaprat bermanfaat untuk membunuh bakteri yang berhasil masuk ke dalam tubuh.

Untuk menjadikan keladi tikus menjadi obat herbal yang ampuh dan mujarab, keladi tikus harus dikombinasikan dengan bahan herbal lain, misalnya kunyit putih, daun sirsak, dan sebagainya. Itulah beberapa hal yang harus diketahui tentang manfaat keladi tikus.